Iklan

Kolaborasi Relawan Gelar Dialog Pencegahan Peredaran Narkotika dan HIV, PJ Bupati Bone: Jangan Lagi Ada Korban!

tim redaksi timurkotacom
Rabu, September 11, 2024 | 8:19 PM WIB Last Updated 2024-09-11T13:21:21Z

Dialog Pencegahan Peredaran Narkoba dan HIV digelar Kolaborasi Relawan di Kabupaten Bone (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Kolaborasi Relawan Kesehatan (Rekan) KPD Bone bersama Gerakan Taruna Anti Narkoba (Gertak) Kabupaten Bone menggelar dialog terbuka bertema Cegah Narkoba Cegah HIV di Baruga Lateya Riduni, Rumah Jabatan Bupati Bone, Jl Petta Ponggawae, Rabu (11/09/24) Pukul 14.00 Wita.

Dalam dialog tersebut tampil sebagai pemateri yakni, Pj Bupati Bone, Andi Winarno Eka Putra S.STp., MH  Kemudian Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Bone, AKBP Lamuati, SH., MH, dan dr Elim Jusri sp.Pd yang merupakan spesialis penyakit dalam RSUD Datu Pancaitana.

Dalam Sambutannya, Andi Winarno mengatakan, sangat mengapresiasi para penggiat sosial dan semua elemen yang kerap melakukan kegiatan-kegiatan positif untuk sama-sama memberantas peredaran narkotika khususnya di Kabupaten Bone, apalagi diketahui bersama sepanjang Januari hingga September 2024 ada ratusan penyalahgunaan narkotika yang berhasil diamankan oleh Aparat Penegak Hukum (APH).

"Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada APH yang bekerja keras memberantas narkotika, dan juga perlu kita semua berkomitmen untuk memberantas narkoba di Bone yang sudah sangat meresahkan di kalangan masyarakat kita", Kata Andi Winarno Eka Putra

Dari keresahan masyarakat yang sudah sangat luar biasa terkait narkotika, Mungkin Kabupaten Bone sudah bisa dikatakan darurat narkoba, untuk itu peran semua elemen baik dari masyarakat dan juga para aparat penegak hukum harus bekerjasama dalam memberantas narkoba.

"Masyarakat yang terlibat pengguna narkoba ini sebenarnya adalah korban, dan yang harus sama sama kita basmi itu adalah bandar dan kurirnya, merekalah yang sepatutnya diberikan hukuman yang berat oleh APH," Tegasnya

Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Bone dalam memerangi narkoba, pihaknya akan menggelar deklarasi melawan narkoba dengan mengajak semua kepala desa dan lurah se kabupaten Bone, karena dianggap Desa dan Lurah sebagai ujung tombak dalam menciptakan pemerintahan daerah yang.

"Terakhir satu pesan saya kepada semua penggiat atau lembaga lembaga sosial agar tetap selalu terkelola dengan baik apalagi ini menyangkut orang banyak, saya berharap kepada para pimpinan dan penggiat sosial melawan narkoba untuk tetap mengendalikan anggotanya agar tetap sejalan dengan tujuan awalnya terbentuknya organisasinya," Tutup Andi Winarno.

Ketua Panitia Pelaksana, Fatmawati, AMAK kepada awak media mengatakan, kegiatan tersebut merupakan upaya untuk memberikan edukasi terkait dengan bahaya narkoba dan HIV.

"Selain sebagai edukasi. Pemateri juga membahas pencegahan dan cara menghindari peredaran narkotika begitu juga dengan HIV dan penyakit menular lainnya," ungkap, Fatmawati.

Selaku panitia pelaksana, pihaknya mengapresiasi antusias peserta dalam menyimak tiga materi penting yang dipaparkan.

"Alhamdulillah, peserta merupakan perwakilan dari hampir semua komunitas di Kabupaten Bone. Kami dari panitia berterimakasih atas partisipasinya, paling penting juga pemateri memaparkan materinya dengan sangat baik," tambahnya.

Sementara Ketua Rekan KPD Bone, Jamilah, S.Pd., MM mengatakan, relawan kesehatan sebagai salah satu penyelenggara berharap, materi yang disampaikan pemateri dapat tersampaikan melalui peserta.

"Kita berharap materi tidak sampai di peserta saja. Mereka minimal menyampaikan di keluarga ataupun lingkungan masing-masing," tukasnya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua Umum Gertak Kabupaten Bone, Andi Palesangi, S.Sos., MM pihaknya sebagai salah satu pelopor pencegahan peredaran narkotika berharap melalui kegiatan tersebut akan banyak menyelematkan generasi muda dari bahaya narkoba.

"Saya melihat peserta merupakan perwakilan relawan dan mereka bagian dari generasi milenial dan Gen-Z, mereka adalah ujung tombak pencegahan peredaran narkotika," tukasnya. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kolaborasi Relawan Gelar Dialog Pencegahan Peredaran Narkotika dan HIV, PJ Bupati Bone: Jangan Lagi Ada Korban!

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }