Iklan

Bawaslu Bone Gandeng Mahasiswa dalam Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024

tim redaksi timurkotacom
Selasa, September 24, 2024 | 10:10 PM WIB Last Updated 2024-09-24T15:10:47Z

Pemaparan materi dalam kegiatan Sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bone Tahun 2024 (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa dalam penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati di Kabupaten Bone Tahun 2024 digelar Bawaslu Bone di Helios Hotel, Selasa 24 September 2024.

Kasubag Hukum, Humas, Datin Bawaslu Bone Vivin Sanjaya menyampaikan latar belakang pelaksanaan kegiatan tersebut bahwa konteks pengawasan partisipatif yang dilakukan adalah untuk menjangkau masyarakat luas terhadap keterbatasan sumber daya manusia yang dimiliki Bawaslu Bone.

“Agar jangkauan Bawaslu ke lapisan masyarakat itu tersambung. Segmentasinya adalah kelompok masyarakat, kelompok disabilitas, kelompok pemuda, dan kelompok mahasiswa” jelasnya.

“Kenapa BEM dan teman-teman mahasiswa yang kami rangkul, karena kami menganggap bahwa pengaruh dan otoritas terhadap kebijakan kampus dan kebijakan kemahasiswaan itu ada di tangan BEM atau DEMA di beberapa kampus. Itulah yang menjadi poin penting yang melatar belakangi kegiatan kita pada hari ini" sambungnya.

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa dibuka secara resmi oleh Ketua Bawaslu Bone dalam hal ini Alwi, SE dan didampingi oleh Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Rohzali Putra Badaruddin, SH serta Koordinator Divisi SDMO Diklat Dr. Kamridah, S.Pd.I., M.Pd. Dalam sambutannya Alwi mengucapkan terima kasih kepada perwakilan mahasiswa dari masing – masing kampus se-Kabupaten Bone yang hadir pada kegiatan tersebut. 

“Mewakili keluarga besar Bawaslu Kabupaten Bone mengapresiasi adik – adik semua yang telah hadir mengikuti kegiatan ini. Hari ini kita sharing dan berdiskusi lebih komprehensif mengenai penyelenggaraan Pemilihan. Terdapat ilmu yang akan didapatkan khususnya bagaimana membangun ikatan moral untuk ikut berpartisipasi, dari hal tersebutlah akan muncul pioneer -  pioneer pengawasan partisipatif” ungkapnya.

“Di kesempatan ini, kami sampaikan juga bahwa saat ini Bawaslu Kabupaten Bone membuka rekrutmen pengawas TPS.  Untuk adik - adik yang memenuhi persyaratan dalam hal ini berumur 21 tahun, mari ikut bersama – sama berpartisipasi dan bergabung menjadi bagian dari pengawas dalam pemilihan tahun 2024, namun kita dapatkan dulu ilmunya, apa yang menjadi hal – hal penting dalam pengawasan partisipatif khususnya melihat bagaimana kontestasi ini berjalan secara fair dan normal menurut peraturan perundang – undangan yang berlaku” tutupnya.

Diketahui narasumber pada kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bagi mahasiswa Bawaslu Kabupaten Bone adalah Dr. Asni, S.Ag., M.H.I dengan materi Langkah – langkah Strategis partisipatif mahasiswa dalam Pilkada serta Syamsul Bahri, S.E.Sy., M.Sy dengan materi Pentingnya Mahasiswa Berpartisipasi dalam Pilkada.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bawaslu Bone Gandeng Mahasiswa dalam Pengawasan Partisipatif Pada Pemilihan Serentak Tahun 2024

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }