Iklan

Bukan Sekadar Janji, MA Dorong Pemuda Sinjai Berani Memulai Usaha

tim redaksi timurkotacom
Senin, Agustus 05, 2024 | 6:44 PM WIB Last Updated 2024-08-05T11:44:55Z

Bakal Calon Bupati Sinjai, Muzayyin Arif (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, SINJAI- Bakal Calon Bupati Sinjai, Muzayyin Arif atau sering disapa dengan singkatan MA mengajak generasi muda khususnya millenial dan Gen Z untuk berani terjun ke dunia entrepreneurship.

Ia mengajak pemuda-pemudi Bumi Panrita Kitta untuk berani memulai usaha. Apalagi jika produk yang dihasilkan memiliki ciri khas dan sentuhan inovasi.

Alasan terbesarnya adalah karena dia membangun kariernya pun dari dunia usaha, dari kecil-kecilan hingga menjadi besar.

Sebelum dikenal sebagai politisi, Muzayyin memang telah lebih dulu membangun kemandirian sebagai pengusaha. 

Saat masih kuliah di Jakarta, pria kelahiran 24 April 1982 itu mulai memproduksi dan menjual mainan hingga alat peraga permainan. 

Dari usaha rintisan hingga terus membesar menjadi perusahaan dengan omzet fantastis.

Namun, mungkin belum banyak juga yang tahu. Muzayyin saat menempuh pendidikan khususnya di Australia pada 2013, juga mendirikan bisnis di sana. 

Bisnis yang unik sebab dia membuka warung coto pertama di Negeri Kanguru itu.

Muzayyin yang kala itu tengah menjalani pendidikan di Griffit University, Sidney, pada usia yang masih 31 tahun, membuka restoran bernama Lontara. Nama restoran tersebut diambil dari aksara Bugis-Makassar.

Warung cotonya itu berlokasi tak jauh dari kampusnya. Dia begitu bergairah karena ingin makanan khas Sulsel itu bisa sejajar dengan makanan asal negara lain seperti Thailand, Singapura, dan Malaysia yang sudah ada di Australia.

"Saya ingin coto bisa terkenal seperti tom yam dari Thailand, laksa dari Singapura, atau nasi lemak asal Malaysia,’’ ujarnya.

Selain itu, tentu saja untuk mengobati rasa rindu sejumlah warga Sulsel dan Indonesia pada umumnya yang ada di Australia. 

Saat itu, warga Indonesia yang bermukim di Sidney sekitar 4.000 orang. Kebanyakan adalah para mahasiswa yang sedang menyelesaikan studi dan tenaga kerja Indonesia.

Muzayyin membangun usahanya itu tidak sendiri. Melainkan berkolaborasi dengan beberapa orang asal Indonesia yang bermukim di Sidney.

Pengalaman entrepreneurship itu juga yang menurut Muzayyin coba ditularkannya kepada anak-anak muda Sinjai. Menurut dia, syarat pemuda untuk maju cukup simpel. Mereka hanya perlu berkreasi dan berkarya secara nyata, mengambil peran aktif.

Namun, pemuda mesti mendapat dukungan yang memadai dari pemerintah. Pemerintah harus menghadirkan ruang terbuka untuk kreativitas anak muda. Di sisi lain, pemerintah juga mesti mengikhtiarkan ketersediaan lapangan kerja yang mencukupi. 

Pada Pilkada Sinjai 2024, Muzayyin akan maju berpasangan dengan A Ikhsan Hamid. Mereka diusung Nasdem, PKS, dan beberapa partai lain. Koalisi untuk pasangan Maiki ini akan segera diumumkan. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bukan Sekadar Janji, MA Dorong Pemuda Sinjai Berani Memulai Usaha

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }