Iklan

LLDIKTI Tunjuk Uncapi Tuan Rumah Sosialisasi Pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Dosen 2024

tim redaksi timurkotacom
Kamis, Juli 25, 2024 | 9:44 AM WIB Last Updated 2024-07-25T02:53:22Z

Rektor Universitas Cahaya Prima saat memberikan sambutan pada Sosialisasi Pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Dosen 2024 (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wil IX Sultanbatara melaksanakan Sosialisasi Pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Dosen 2024 yang dipusatkan di Kampus Universitas Cahaya Prima (Uncapi).

Kegiatan tersebut dipusatkan di Lantai I Aula Andi Azis, Kampus Dua Uncapi Jalan Urip Sumohardjo, Kota Watampone, pada Kamis (25/07/24).

Koodinator Sumber Daya Perguruan Tinggi LLDIKTI Wil IX, Dr Iksan Kasnul Faraby M.Si dalam sambutanya saat membuka kegiatan mengatakan, sosialisasi tersebut merupakan salah satu bagian penting dalam rangka pengembangan karir dosen. 

"Bagaimana menyingkronkan data dosen dari NIDN ke NIPTK. Kita akan bahas terkait dengan data secara teknis. Kemudian admin tugas berat, karena ke depan akan ada beberapa perusahaan untuk peningkatan mutu," terangnya.

Pihaknya berterimakasih kepada Uncapi yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan yang mengakomodir perwakilan kampus lain.

"Saya tentu berterimakasih kepada Rektor Uncapi bersama Civitas akademika yang telah bersedia menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan ini," tambahnya.


Sementara, Rektor Uncapi Prof Dr Dra Hj A. Cahaya, M.Si dalam sambutannya mengatakan, pihaknya berharap para peserta dapat menyerap materi yang kemudian diterapkan di kampus masing-masing.

"Materi yang disampaikan nantinya tentu kita berharap akan menjadi bekal dalam pengembangan kampus ke depan, bukan hanya Uncapi. Bagi adik-adik perwakilan kampus lain tentu diharap akan menerapkan materi di kampus masing-masing," harapnya.

Ia melanjutkan, khusus untuk Uncapi pihaknya telah melakukan beberapa pengembangan baik berkaitan dengan dosen maupun perguruan tinggi secara keseluruhan.

"Tentunya kami akan terus melakukan koordinasi dan meminta petunjuk dari pihak LLDIKTI berkaitan dengan pengembangan dan perubahan regulasi," tutupnya.

Dalam kegiatan ini pemateri, Markus Yan Pattaru, S.Sos., M.Si memaparkan terkait dengan beberapa poin penting dalam sosialisasi tersebut.

"Secara umum yaitu Peningkatan fitur pemutakhiran data Dosen untuk memastikan proses kenaikan jabatan akademik Dosen," ujarnya.

Selanjutnya masih berkaitan dengan peningkatan secara umum yakni, Simplikasi proses kenaikan jabatan akademik Dosen yang sudah sesuai dengan peraturan Permendikbud 92/2014 dan PermenPANRB 1/2023.

"Penekanan pada penilaian kualitas
kinerja dosen dalam kenaikan jabatan
akademik dosen," tambahnya.

Poin penting kedua kata dia yakni berkaitan dengan perguruan tinggi membantu PT dalam memutakhirkan data Dosen dengan mudah.

Membantu PT dalam membuat
dokumen AK Konversi dengan lebih
mudah sesuai aturan PerBKN 3 tahun
2023 untuk Dosen PNS.

"Membantu PT dalam memproses
promosi Dosen dengan langkah yang
lebih sederhana dan terintegrasi
dalam satu sistem yaitu SISTER," jelasnya.

Hal paling penting berikutnya menurut, Markus yakni bagaimana membantu PT dalam hal memonitor proses promosi kenaikan pangkat.

"Membantu PT dalam memonitor dan
menindaklanjuti proses promosi
kenaikan jabatan akademik Dosen," tutupnya.

Daftar Perguruan Tinggi yang mengikuti Sosialisasi tersebut diantaranya:
  1. Universitas Cahaya Prima
  2. Universitas Muhammadiyah Bone
  3. Universitas Puangrimaggalatung
  4. Universitas Lamappapoleonro
  5. Universitas Sipatokkong Mambo
  6. Universitas Andi Sudirman
  7. Institut Teknologi dan Bisnis Arungpalakka
  8. Institut Imu Hukum dan Ekonomi Lamaddukelleng
  9. STISIP Petta Baringeng Soppeng
  10. Sekolah Tinggi IImu Ekonomi Yapi Bone
  11. Sekolah Tinggi Imu Pertanian Yapi Bone
  12. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Amika Soppeng
  13. Akademi Keperawatan Batari Toja
  14. AKPER Putra Pertiwi Watansoppeng
  15. Akademi Kebidanan Batari Toja
  16. Akademi Kebidanan Persada Wajo
  17. Akademi Kebidanan Menara Primadani

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • LLDIKTI Tunjuk Uncapi Tuan Rumah Sosialisasi Pelaksanaan Layanan Pembinaan dan Pengembangan Profesi Dosen 2024

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }