Iklan

Proses Tes CAT Disorot Tak Transparan, Bawaslu Bone Lempar Tanggung Jawab ke Bawaslu Pusat

tim redaksi timurkotacom
Minggu, Mei 19, 2024 | 1:28 PM WIB Last Updated 2024-05-19T06:28:16Z

reporter                          editor
tim timurkota. com    herman kurniawan
Logo Bawaslu (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Bawaslu Kabupaten Bone seakan lempar tanggungjawab ke Bawaslu Provinsi dan Pusat terkait dengan polemik tes Computer Assisted Test (CAT) dalam rangka menghadapi Pilkada 2024 yang disorot tak transparan.

Sorotan itu muncul dari salah seorang Calon anggota Panwascam Barebbo, Hamzah menyebutkan bahwa pihak penyelenggara tidak transparan dalam mengumumkan nilai hasi CAT.

"Hanya nama-nama dan tidak menampilkan nilai hasil tes, itu yang menjadi keluhan kami," ujarnya kepada awak media sebagaimana dikutip timurkota.com, Sabtu (18/05/24).

Sementara, Ketua Bawaslu Kabupaten Bone, Alwi menjelaskan bahwa mekanisme CAT di Bawaslu servernya terpusat.

"Bukan tidak transparan, mekanisme CAT kami seperti itu, servernya terpusat dan nanti hasilnya dirangking dan dikirimkan Bawaslu Provinsi ke kami hasilnya berdasarkan urutan nilai tertinggi," ungkapnya kepada awak media, Minggu (19/05/24).

Alwi menjelaskan bahwa pihaknya (Bawaslu Kabupaten Bone) hanya sebatas pelaksana teknis tak ada intervensi di situ.

"Untuk hasil ujiannya (CAT), pusat yang tentukan atau servernya dipusat, nanti hasilnya dirangking di provinsi baru dikirimkan ke kami untuk diumumkan siapa-siapa yang lolos. Tidak ada permainan di situ," ujarnya.

Ditambahkannya, begitu selesai CAT, semua nilai langsung terkumpul di pusat dan dirangking di sana.

"Kami saja di Bawaslu (Bone) tidak kelihatan urutan berikutnya, karena nanti bila ada penggantian, diwawancarai ulang lagi kembali, tidak langsung. Dari dulu memang begitu mekanismenya," tutup Alwi.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Proses Tes CAT Disorot Tak Transparan, Bawaslu Bone Lempar Tanggung Jawab ke Bawaslu Pusat

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }