Iklan

Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur 2024-2026 Resmi Dilantik, Bakal Kolaborasi dengan Pemerintah Sosialisasikan BU Hingga Pelosok Daerah

tim redaksi timurkotacom
Sabtu, Mei 04, 2024 | 11:40 AM WIB Last Updated 2024-05-04T04:50:37Z

Penulis: tim timurkota.com
Editor: Herman Kurniawan

Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur Priode 2024-2026 secara resmi dilantik oleh dewan pembina (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, MAKASSAR- Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur Priode 2024-2026 secara resmi dilantik yang kemudian dilanjutkan dengan rapat kerja di Aula Gedung LPPM Universitas Hasanuddin Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Makassar pada Sabtu (04/05/24) Pukul 09.00 Wita.

Pelantikan pengurus baru yang mengangkat tema "Gerakan Inklusif Generasi Unggul Indonesia Timur Menuju Indonesia Emas" dihadiri perwakilan Wali Kota Makassar dan Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan mewakili Gubernur Sulawesi Selatan sekaligus membuka kegiatan secara resmi. 

Dalam sambutannya, Ketua Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur Priode 2024-2026, Ade Pratama, S.Pi. mengatakan, paling terpenting dalam menyukseskan program kerja di kepengurusannya yakni semangat kesatuan.

"Terpilihnya saya sebagai ketua forum adalah amanah yang diberikan kepada saya. Kita semua kesatuan yang memikirkan satu tujuan bersama," ungkapnya. 

Menurutnya, Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur harus berada di garda terdepan dalam mempersiapkan diri menuju generasi Indonesia Emas 2045.

"Kita dalam momentum persiapan menghadapi Indonesia Emas 2045. Pemuda harus siap, harus mempersiapkan diri menuju generasi Indonesia emas," terangnya. 

Ia melanjutkan, Beasiswa unggulan menuju pelosok negeri dapat diartikan sebagai tugas dan tanggungjawab ke depan bagaimana berkolaborasi dengan pemerintah melakukan sosialisasi sampai di pelosok daerah.

Pengurus Forum Awardee bersama dewan pembina dan tamu undangan berfoto bersama (Foto: Dok. Istimewa)

"Kita akan bekerja sama dengan pemerintah untuk mensosialisasikan itu, ketika ada mahasiswa berhenti di tengah jalan, kita akan berdiri di depan untuk mencarikan solusi ," tukasnya. 

Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur Priode 2022-2024, Supahmi Mustafa S.Pd.,M.Pd mengatakan, sebagai pengurus yang telah demisioner pihaknya berharap agar kekurangan di masa kepengurusan sebelumnya dapat tertutupi dengan pengurus baru.

"Sebagai demisioner sangat mengapresiasi pengurus baru. Tentunya ada beberapa tantangan ke depan, bagaimana menutupi beberapa kekurangan di kepengurusan sebelumnya," ungkapnya.

Bagaimana mengantarkan calon penerima beasiswa, ia mendorong forum tersebut menjadi solusi. Dirinya mendorong terlaksananya kegiatan di kampus di daerah. 

"Penerima beasiswa unggulan jangan hanya berfokus di Kota Makassar. Kita upayakan akan menyebar ke seluruh wilayah di Sulawesi Selatan," tukasnya. 

Dirinya berharap dengan memperbanyak sosialisasi maka penerima beasiswa unggulan di Sulawesi Selatan akan mengalami peningkatan.

"Kolaborasi ke depan bersama dengan pemerintah, Kegiatan pendaftaran mentoring penerima beasiswa tidak dipungut biaya sedikit pun," tutupnya. 

Sementara itu Dewan Pembina, Muh. Imran Syuaib K S.Pd.,M.Pd menyampaikan, bahwa perkembangan jumlah penerima BU tak lepas dari eksistensi forum Awardee.

"Pada 2016 lalu, hanya 24 orang dari beberapa kampus sebagai penerima. Kami mewadahi teman-teman dari timur. Harapan kami adalah tolong jaga marwah forum ini. Tidak mudah membangun forum ini dan bisa sampai saat ini masih eksis," terangnya. 

Persiapan beasiswa unggulan tahun ini menjadi tugas dari forum ini. Kegiatan-kegiatan sosial lain juga harus digecarkan. 

"Jangan tanyakan apa negara bisa berikan buat kalian, tapi berpikir bahwa apa kalian bisa berikan kepada negara," terangnya. 

Menurutnya, sepanjang beasiswa unggulan masih ada, maka forum harus hadir menjadi pelopor serta berkolaborasi dengan pemerintah.

"Begitu ada sesuatu dikomunikasikan dengan baik. Forum ini jangan ki fakum, saya menitip harapan luar biasa. Ketua dan pengurus mampu memanfaatkan relasinya. Alhamdulillah semoga bisa menjembatani forum kita untuk lebih baik ke depannya," tutup," Imran. 

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar, Nirman Miswan mewakili Walikota mengajak pengurus Forum Awardee untuk selalu berupaya agar keberadaannya berguna bagi orang lain.

"Negara memberikan kemudahan bagi adik-adik semua untuk berguna bagi manusia lain. Penting bagi kami mengkoordinir karya ilmiah bagi adik-adik, ke depan" tukasnya. 

Sementara itu, Kadis Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Amran, S.Pd., MM, membacakan sambutan tertulis Pj Gubernur Sulawesi Selatan, Dr. Bahtiar Baharuddin, M. Si.

"Pendidikan adalah kunci utama memajukan bangsa ini. Acara ini bukan hanya seremonial, dalam dua tahun ke depan pengurus akan menjadi ujungtombak dalam mengembangkan forum ini," terangnya. 

Dirinya optimis akan lahir innovasi baru yang memberi dampak positif terhadap pembangunan di Provinsi Sulawesi Selatan dari perjuangan forum awardee. 

"Selamat atas pencapaian, mari berkomitmen bekerja sama dalam meningkatkan pendidikan sebagai pondasi utama membangun bangsa," terangnya. 

Dirinya juga mendorong agar sosialisasi digencarkan sampai ke tingkat sekolah yang tak lama lagi akan mengikuti ujian akhir.

"Sosialisasi kepada siswa bahwa ada beasiswa unggulan yang bisa mereka manfaatkan untuk melanjutkan pendidikan," terangnya.

Ia pun berharap agar pengurus forum awardee nantinya akan ada menjadi pimimpin bangsa di masa yang akan datang.

"Berharap pengurus forum ini nantinya akan menjadi pemimpin di masa yang akan datang," kunci dia saat membuka kegiatan.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengurus Forum Awardee Beasiswa Unggulan Indonesia Timur 2024-2026 Resmi Dilantik, Bakal Kolaborasi dengan Pemerintah Sosialisasikan BU Hingga Pelosok Daerah

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }