Iklan

Menyusuri Jejak Budaya Lebarkan Sayap Ke Sultra

tim redaksi timurkotacom
Minggu, April 07, 2024 | 10:51 AM WIB Last Updated 2024-04-07T04:01:58Z

Penulis: Muis
Editor: Herman Kurniawan

Menyusuri Jajak Budaya yang berdiri sejak 10 Maret 2021 melebarkan sayap ke Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Kolaka Kecamatan Watubangga (Foto: Dok. Istimewa)

TIMURKOTA.COM, BONE- Menyusuri Jajak Budaya yang berdiri sejak 10 Maret 2021 melebarkan sayap ke Provinsi Sulawesi Tenggara, tepatnya di Kabupaten Kolaka Kecamatan Watubangga.

Diketahui organisasi budaya ini Didirikan oleh Andi irwandi paomi ST dan kemudian menjadi Ketua Umum  Riswan Rusandy S Pd, Wakil Ketua Salamatang SH,Koordinator Kaderisasi Rian Dicky Angresa.

Dalam penjelasannya, Riswan menyampaikan bahwa pendirian organisasi Menyusuri Jejak Budaya untuk Sulawesi Tenggara setelah dilirik salah satu pemuda yang berdomisili di Kabupaten Kolaka Kecamatan Watubangga.
"Dia adalah A Haswin yang berkunjung ke Bone ingin bertemu secara lansung oleh salah satu pengurus Menyusuri Jejak Budaya yang ingin mendirikan Menyusuri Jejak Budaya di sana," ungkapnya.

Menurutnya salah satu alasan tertarik dengan organisasi tersebut karena  satu daerah transmigrasi yang memiliki banyak suku dan kaya akan budayanya diantaranya Suku Bugis,Jawa, bali,Tolaki, Mornene,Sunda serta masih banyak lagi suku yang lainya. 

"Dengan apresiasi ini A Haswin yang merupakan suku Bugis dan beberapa sahabatnya termotivasi mendirikan wadah tersebut Menyusuri Jejak Budaya setelah melihat kegiatan Menyusuri Jejak Budaya yang ada di Bone lewat kanal media sosial," jelasnya.

Beberapa penampilan yang kerap dibagikan di media sosial seperti Osong atau senandung perlawanan rakyat Bugis yang diiringi dengan gendang Bugis yang disambut tari Padduppa serts beberapa kegiatan budaya lainnya.

"Dengan melihat semua video tersebut saya bersama teman  sepakat untuk ikut andil membesarkan wadah tersebut di tempat kami,dengan ini kami bisa saling sharing dan aktif berkegiatan dan saling mensupport kegiatan kebudayaan yang ada di tempat kami seperti di acara pengantin didaerah kami sering ditampilkan kuda lumping dari suku Jawa berserta Legong dari suku Bali," ujar A Haswin.

"Semoga dengan masuknya wadah ini dapat lebih bermanfaat dan bersinergi dengan seluruh elemen kelompok kesenian dan budaya yang hidup rukun dan damai serta harmonisasi dalam bermasyarakat," tambahnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Menyusuri Jejak Budaya Lebarkan Sayap Ke Sultra

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }