Iklan

Kabar Baik Buat Pendaftar PPK KPU Pemilu 2024, Ini Kisi-kisi dan Soal CAT yang Perlu Dipelajari Untuk Lolos Tes

tim redaksi timurkotacom
Senin, November 28, 2022 | 7:06 PM WIB Last Updated 2022-11-28T12:06:54Z

Wiwink-Politik, Senin 28 November 16:31 WIB

Ilustrasi CAT


TIMURKOTA.COM, JAKARTA- Tahapan Pemilu 2024 telah berlangsung kurang lebih enam bulan. Saat ini tahapan telah memasuki tahapan penerimaan PPK yang merupakan perwakilan KPU untuk di tingkat kecamatan.


Hampir Semua KPU di tingkat kabupaten dan kota telah membuka pendaftaran penerimaan PPK secara online. Setelah mendaftar secara online maka peserta dapat melengkapi berkas lalu diserahkan ke KPU setempat.

Setelah dinyatakan lolos berkas, para pendaftar akan mengikuti beberapa tahapan tes yang harus dilalui. Seperti ujian tertulis CAT dan tes wawancara.

Seleksi tersebut terdiri dari beberapa tahap. Di antaranya adalah tahap seleksi tes tulis. Berikut kisi kisi soal tes CAT PPK 2022 yang harus anda pelajari.

Untuk lulus semua tahap tersebut harus mengetahui kisi kisi soal tes CAT PPK 2022. Tes tulis PPK nantinya akan dilaksanakan dengan system CAT (computer Assisted test).

Dihimpun dari berbagai sumber kisi kisi soal CAT PPK 2022 mencakup wawasan umum kebangsaan, wawasan undang-undang  45 dan amandemen, wawasan undang-undang kepemiluan, wawasan demokrasi  dan teknis kepemiluan.

Kriteria bobot soal kurang lebih sebagai berikut:


- wawasan umum kebangsaan 20 %

- wawasan undang-undang 45 dan amandemen 20 %

- wawasan undang undang kepemiluan 30 %

- wawasan demokrasi, teknis kepemiluan 30 %


Berikut kisi-kisi lengkap yang harus di pelajari selain latihan soal CAT PPK yang menjadi bagian wawasan dasar kepemiluan seorang PPK :

Tentang Struktur Organisasi penyelangara pemilu baik KPU dan Bawslu, silahkan di hafal tentang nama ketua organisasi masing-masing, dari tingkat pusat hingga bawah. 

Struktur organisasi di maskud adalah struktur organisasi KPU dan Bawaslu, misalnya siapakah Siapakah Ketua KPU hari ini, ketua Bawaslu RI hari ini.

Kemudian Ketua DKPP (dewan Kehormatan Peyelenggara Pemilu), ketua KPU Provinsi di Wilayah Anda, Ketua Bawaslu Provinsi di wilayah Anda, Ketua dan Anggota KPU dan Bawaslu di Kabuaten Anda.

Pelajari tugas, wewenang, dan kewajiban PPK. Tugas dan wewenang PPK menjadi wajib karena terkait dengan tugas dan kewenangannya ketika nanti terpilih menjadi Anggota PPK.

Pelajari Undang-Undang tentang nomor : 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum, Pasal 51, 52 dan 53, Pasal ini berkaitan dengan tugas dan wewenang PPK

Pelajari dan pahami data-data terkait wilayah masing-masing.

Seperti misalnya jumlah kecamatan dan jumlah desa/kelurahan di kabupaten dan Kota Anda.

Pelajari bagaimana teknis pemungutan suara di tempat pemungutan suara dan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat TPS sampai di tinkat PPK bagaimana dilaksanakan.

Pelajari UU 45 dan perubahan amandemennya, karena UU 45 merupakan dasar dari terbitnya semua undang-undang, termsuk undang-undang pemilu dan tata perundang undangan di Indonesia.

Jika ingin mengikuti tes simulasi soal CAT PPK 2022, KLIK DI SINI








Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kabar Baik Buat Pendaftar PPK KPU Pemilu 2024, Ini Kisi-kisi dan Soal CAT yang Perlu Dipelajari Untuk Lolos Tes

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }