Iklan

WHO Sebut 500 Orang Warga Korea Utara Positif Covid-19

tim redaksi timurkotacom
Selasa, April 14, 2020 | 3:01 PM WIB Last Updated 2020-04-14T08:51:29Z

Korea Utara merupakan  negara di dunia yang tidak melaporkan kasus Virus Corona COVID-19

TIMURKOTA.COM, KORUT- Korea Utara merupakan satu dari segelintir negara di dunia yang tidak melaporkan kasus Virus Corona COVID-19.

Meski demikian, WHO mengatakan bahwa negara tertutup itu memiliki kapasitas cukup untuk menguji penyebaran Virus Corona jenis baru di laboratorium rujukan nasional di ibu kota Pyongyang.

"Pada 2 April, sekitar 709 orang (termasuk 11 warga asing) telah diuji COVID-19. Tidak ada laporan Virus Corona baru di sana. Ada 509 orang yang kini dikarantina," ujar Dr Edwin Salvador, Perwakilan WHO untuk Republik Rakyat Demokratik Korea (DPRK), mengatakan dalam sebuah pesan elektronik.

"Sejak 31 Desember, 24.842 orang telah dibebaskan dari karantina, termasuk 380 orang asing," katanya, demikian dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (8/4/2020).

WHO telah diberitahu bahwa Korea Utara menerima primer dan probe untuk digunakan dengan tes diagnostik PCR dari sekutunya China pada Januari lalu.

WHO pun telah mengirimkan pasokan alat pelindung bagi tim medis yang membutuhkan.

Situs web WHO menunjukkan penghitungan global terbaru di hampir 1,3 juta kasus yang dilaporkan secara resmi dan 72.614 kematian di sekitar 206 negara.

Sementara itu, tidak ada nama Korea Utara, Lesotho, Tajikistan, Turkmenistan dan Yaman di daftar tersebut.

Seorang pakar hak asasi manusia PBB telah menyerukan pencabutan sanksi internasional terhadap negara-negara termasuk Korea Utara - yang diberlakukan untuk program nuklir dan misilnya.

Hal itu disampaikan untuk memastikan bahwa tidak ada populasi yang kelaparan selama pandemi di negara tersebut.

WHO yang berbasis di Jenewa mengatakan pada Februari bahwa Korea Utara telah melaporkan memeriksa hampir 7.300 pelancong selama periode enam minggu hingga 9 Februari 2020. Kementerian kesehatan mengatakan 141 pelancong dengan demam telah dites negatif untuk Virus Corona baru, katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • WHO Sebut 500 Orang Warga Korea Utara Positif Covid-19

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }