Iklan

Terbukti Ampuh, Cegah DBD Hanya Dengan Tanam Serai di Halaman Rumah

tim redaksi timurkotacom
Selasa, April 14, 2020 | 2:41 PM WIB Last Updated 2020-04-14T12:50:13Z

Serai 
TIMURKOTA.COM-- Deman Berdarah Dengue (DBD) salah satu penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian. Berbagai cara dilakukan untuk mengantisipasi penyakit yang bersumber dari gigitan nyamuk tersebut. 

Salah satunya dengan membersihkan halaman rumah, menutup tempat penampungan air yang berpotensi jadi sarang nyamuk. 
Namun ada hal menarik dan terbukti ampuh menangkal demam berdarah. Dan hal diterapkan di Kota Mataram Nusantara Tenggara Barat. Semenjak warga dianjurkan menanam daun serai di halaman rumah angka korban DBD menurun drastis dalam kurung waktu dua tahun terakhir. 

Menurut pakar insektisida nabati, Prof Dadang dari Departemen Proteksi Tanaman Institut Pertanian Bogor (IPB), lavender dan sereh cukup efektif mengusir nyamuk vektor virus Dengue. Lavender dan sereh mengandung senyawa diethylmeta toluamida (DEET) yang tidak disukai nyamuk Aedes aegypty. Aroma senyawa DEET tetap tercium nyamuk meski tanaman tersedia dalam bentuk utuh.

"Sebetulnya nggak ada masalah menggunakan tanaman lavender dan sereh untuk mengusir nyamuk. Dalam bantuk tanaman utuh atau sudah jadi senyawa tertentu sama-sama bisa mencegah gigitan nyamuk. Namun bentuk apapun yang dipilih tetap harus dibarengi metode Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN)," kata Prof Dadang. 

Lavender dan sereh tidak bisa berdiri sendiri melindungi penduduk dari gigitan nyamuk Aedes aegypty. 

Prof Dadang mengingatkan kembali pentingnya merawat tanaman, menjaga kebersihan lingkungan sekitar, dan 3M Plus untuk membersihkan sarang nyamuk. 

"Efektivitas lavender dan sereh akan turun jika tak dibarengi upaya lain untuk mengendalikan serangan nyamuk penyebar DBD,"jelas Dadang. 

Editor: Ali Sera 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Terbukti Ampuh, Cegah DBD Hanya Dengan Tanam Serai di Halaman Rumah

Jangan lupa ikuti kami di


Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Trending Now

Konten Berbayar berikut dibuat dan disajikan advertiser. Wartawan timurkota.com tidak terlibat dalam aktivitas jurnalisme artikel ini.

Iklan

.entry-content { line-height: 1.4em; }